Upin & Ipin VS Adit, Sopo & Jarwo

UPIN & IPIN
            Upin dan Ipin adalah sebuah film animasi anak-anak yang dirilis pada 14 September 2007 di Malaysia dan disiarkan di TV9. Film ini diproduksi oleh Les' Copaque. Proses animasi Upin & Ipin (dan juga film Geng) menggunakan perangkat lunak CGI Autodesk Maya. Di sebuah konferensi pers perangkat lunak animasi pada tahun 2009, Ketua Perancang Les' Copaque, Fuad Md. Din memberitahukan, "Salah satu tujuan kami memilih kartun ini adalah karena proses pembuatannya cukup mudah. Lagi pula kami sudah berpengalaman dalam membuatnya sebelum ini.".
Adit, Sopo & Jarwo
       Film serial animasi Adit, Sopo & Jarwo merupakan fillm garapan anak bangsa yang cukup diminati. Film Adit, Sopo & Jarwo (ASJ) menggunakan perangkat lunak Blender untuk pembuatannya. Hal ini dkutip dari sebuah situs yang mengatakan bahwa “Kepala Rekrutmen dan Promo serial ASJ, Erix Soekamti, mengatakan semua proses pembuatan animasi ASJ menggunakan perangkat lunak Blender.” Selain cukup mudah di gunakan, harga perangkat lunak Blender juga lebih terjangkau dibandingkan Autodesk maya.

Penjelasan SOFTWARE
Dari dua artikel diatas kita akan membahas tentang software yg di gunakan oleh masing  masing film serial animasi.
Pertama kita akan membahas tentang Autodesk Maya. Autodesk Maya atau sering disingkat menjadi Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.
Sebagai software untuk membuat animasi 3D dan modeling dapat dikatakan Maya adalah yang terpopuler –dan sering dikatakan sebagai yang terbaik pada masa kini-, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan animation. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special effect untuk film.
Saat ini, Maya telah mendunia dan menjadi standar peranimasian international. Sedemikian populernya software Maya hingga industri perfilman Hollywood banyak menggunakannya dalam karya mereka, baik untuk pembuatan video klip, membuat film animasi seperti Finding Nemo, film pendek hingga karya besar berupa film kolosal semacam Lord of The Ring (LOTR). Bahkan Alias Wavefront, pengembang software Maya, menerima penghargaan berupa piala Oscar untuk film LOTR. Grand Turismo juga merupakan salah satu game terkenal yang menggunakan Maya sebagai keperluan untuk produksi gamenya.

Pengembang
Alias Systems Corporation, sekarang diambil alih oleh Autodesk
Rilis stabil
2009 (10.0) (October 06, 2008)
Sistem operasi
Windows, Mac OS X, Linux
Jenis
3D computer graphics
Lisensi
Proprietary
Situs web resmi

Kedua adalah Blender. Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
Kebutuhan sistem untuk menjalankan blender tidak terlalu tinggi. Dengan CPU min 300MHz, memori 128MB, dan ruang kosong harddisk 20MB, anda sudah dapat berkreasi. Tentunya semakin tinggi spesifikasi komputer anda, semakin leluasa anda dalam bekerja.
Beberapa fitur unggulan blender antara lain:
·         Tool simulasi tingkat lanjut
·         Tool modelling berbasis modifier
·         Tool animasi karakter yang handal
·         Mendukung scripting menggunakan phyton.





Autodesk Maya VS Blender

Dilihat dari
Autodesk maya
Blender
Harga
Harga cukup tinggi
-
Platform yang di dukung
Windows, MAC, linux
Windows, MAC, linux, mobile
System Operasi
Red Hat Enterprise
FreeBSD,Windows Vista
Support features
Blog,Knowladge Base, Phone,Tips and hints
FAQ,Wiki
Processor Requirements
CPU 64-bit Intel® or AMD® multi-core processor Graphics Hardware Refer to the Recommended Hardware wizard for a detailed list of recommended systems and graphics cards
32-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support.
Memory requirements
4GB RAM
2 GB RAM
Disk space requirements
4000 MB
220 MB
Graphics Requirement
Certified hardware-accelerated OpenGL graphics card
OpenGL-compatible graphics card with 256 MB RAM
System requirements
Microsoft® Windows® 7 (SP1), Windows® 8 and Windows® 8.1 Professional operating system Apple® Mac OS® X 10.8.5 and 10.9.x operating system Red Hat® Enterprise Linux® 6.2 WS operating system Fedora™ 14 Linux operating system CentOS 6.2 Linux operating system
24 bits 1280×768 display


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh SCM (Supply Chain Management) Pada Sepatu Adidas

Struktur atau Skema Organisasi

CONTOH STRUKTUR ORGANISASI BANK BCA CARD CENTRE CABANG SURABAYA