Budaya Kreativitas dan Inovasi (RANGKUMAN)


1.        Pengertian Budaya Organisasi
Budaya Organisasi adalah sebuah system makna bersama yang dianut oleh para anggota dari organisasi lainnya, Yang dimaksud system makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.
Fungsi Budaya Organisasi:
-                 Menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan yang lain
-                 Identitas bagi anggota organisasi
-                 Timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas dari pada kepentingan  individu.
-                 Perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi dalam memberikan  standar yang tepat untuk dilakukan anggotanya
-                 Mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membantu sikap serta perilaku anggotanya.

2. Tipologi Budaya Organisasi
Tipologi merupakan suatu pengelompokan bahasa berdasarkan ciri khas tata kata dan kalimat.
Tujuan tipologi budaya organisasi :
-                 Untuk menunjukkan aneka budaya organisasi yang mungkin ada di realita.
-                 Tipologi budaya organisasi dapat diturunkan dari tipologi organisasi.
 Jenis kekuasaan dan keterlibatan individu dalam organisasi dalam meliputi :
a)             Organisasi Koersif
b)             Organisasi Remuneratif
c)             Organisasi normative

3. Kreatifitas Individu Dan Team Proses Inovasi      
          Kreatifitas merupakan pikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru
          inovasi adalah melakukan sesuatu yang baru.
Keduanya jelas saling berhubungan. Inovasi dianalogikan sebagai aplikasi praktis dari kreatifitas. Dengan kata lain, kreatifitas bisa merupakan variabel bebas. Sedangkan inovasi variabel tidak bebas.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh SCM (Supply Chain Management) Pada Sepatu Adidas

Struktur atau Skema Organisasi

CONTOH STRUKTUR ORGANISASI BANK BCA CARD CENTRE CABANG SURABAYA