Berita : Aliran sungai Cilliwung Diperlancar


Tugas Bahasa Indonesia
Nama  : Rizma Utami
NPM   : 1A13506
Kelas  : 3KA23


Kalimat Deduktif :
Di Paragraf 3 : Kontraktor pelaksana pembongkaran, Ikhsan Masduki, mengatakan pembongkaran di jadwalkan memakan waktu 2 pekan. Kondisi saat ini, letak badan jembatan sudah sangat rendah, bahkan sama dengan badan sungai sehingga jembatan bisa tertutup air ketika banjir. Selain itu, kontruksi besi yang ada di bagian bawah jembatan menyebabkan sampah terangkut dan menyumbat aliran air.

Alasan: Jadi, paragraf berita di atas merupakan paragraf Deduktif karena kalimat utamanya berada di awal paragraf. Pada kalimat tersebut, kalimat utamanya adalah Kontraktor pelaksana pembongkaran, Ikhsan Masduki, mengatakan pembongkaran di jadwalkan memakan waktu 2 pekan. Sedangkan kalimat penjelasnya adalah Kondisi saat ini, letak badan jembatan sudah sangat rendah, bahkan sama dengan badan sungai sehingga jembatan bisa tertutup air ketika banjir. Selain itu, kontruksi besi yang ada di bagian bawah jembatan menyebabkan sampah terangkut dan menyumbat aliran air.

Analisis :
Observasi : untuk Waduk Marunda, dari total 56 hektar masih ada 11 hektar yang belum selesai pembebasan lahannya, sementara Waduk Kamal dari total rencana 30 hektar, ada sekitar 15 hektar yang tidak bisa di jadikan waduk.

Kesaksian : “kami masih melakukan inventarisasi per Maret ini. Kami juga akan melakukan pengukuran ulang dan jika selesai akan menerbitkan peta bidang,” ucap Triyono

Autoritas : Kepala Bidang Pembebasan Lahan Dinas Tata Air DKI Jakarta mengatakan, lahan yang tidak bisa di bebaskan untuk waduk kamal itu adalah hutan bakau yang termasuk kawasan lindung. Oleh karena itu pihaknya fokus untuk pembebasan lahan di luar area itu.

Hubungan Kasual :
Akibat – Sebab : Jembatan Kalibata Lama melintasi sungai Ciliwung dan menghubungkan Rawajati, Pancoran, di Jakarta Selatan dengan Cililitan, Kramat Jati, di Jakarta Timur. Pembongkaran jembatan di mulai pada minggu (6/3) selama ini jembatan itu menghambat aliran air karena sampah yang terbawa arus sungai yang tersangkut di badan jembatan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh SCM (Supply Chain Management) Pada Sepatu Adidas

Struktur atau Skema Organisasi

CONTOH STRUKTUR ORGANISASI BANK BCA CARD CENTRE CABANG SURABAYA