Berita : DBD Masih perlu diwaspadi

Tugas Bahas indonesia
Nama   : Rizma utami
NPM   : 1A113506
Kelas   : 3KA23



Kalimat Deduktif :
Di Paragraf 9 : Siswa yang terjangkit DBD di SD Negeri 02 Duren Sawit, Jakarta Timur, terus bertambah. Pada awal Februari siswi kelas 5 sekolah itu, Alia (10), meninggal dengan diagnosis DBD. Pada awal maret ini, Afifi (10) , siswa kelas 5 juga meninggal karena DBD.
Alasan: Jadi, paragraf berita di atas merupakan paragraf Deduktif karena kalimat utamanya berada di awal paragraf. Pada kalimat tersebut, kalimat utamanya adalah Siswa yang terjangkit DBD di SD Negeri 02 Duren Sawit, Jakarta Timur, terus bertambah. Sedangkan kalimat penjelasnya adalah Pada awal Februari siswi kelas 5 sekolah itu, Alia (10), meninggal dengan diagnosis DBD. Pada awal maret ini, Afifi (10) , siswa kelas 5 juga meninggal karena DBD.

Analisis :
Observasi : Di kota Bogor, Kepala Dinas Kesehatan, Rubaeah mengatakan sejak Januari hingga 4 maret tercatat 374 kasus DBD dengan 2 orang meninggal.

Kesaksian : Sekolah juga bisa menjadi lokasi penyebaran virus DBD. Nyamuk itu terpantau aktif antara pukul 09 : 00 hingga 13:00 . Jadi murid murid sekolah kita aktifkan untuk memantau jentik jentik,”ujar Koesmedi

Autoritas : Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, dr. Rini Muharni mengatakan sejauh ini belum ada laporan lagi terkait siswa di Duren Sawit yang meninggal akibat DBD. Namun dia akan memeriksa informasi tersebut sebelumnya, Rini mengatakan 80% Sekolah di Duren Sawit rawan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk DBD.

Hubungan Kasual :
Sebab – Akibat : Koesmedi mengatakan Kecamatan Kelapa Gading yang merupakan kawasan pemukiman mewah justru menjadi kecamatan dengan kasus tertinggi karena banyak penghuni yang tidak terbuka kepada juru pemantau jentik (jumantik) dari kelurahan. Akibatnya jumantik tidak bisa masuk dan memantau jentik di rumah mewah itu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh SCM (Supply Chain Management) Pada Sepatu Adidas

Struktur atau Skema Organisasi

CONTOH STRUKTUR ORGANISASI BANK BCA CARD CENTRE CABANG SURABAYA