CONTOH STRUKTUR ORGANISASI BANK BCA CARD CENTRE CABANG SURABAYA
1.
Gambaran Umum Perusahaan
BCA Card Centre Cabang Surabaya merupakan cabang kedua dari empat
kantor cabang yang dimiliki oleh BCA Card Centre di Indonesia. Sebagai cabng
yang kedua, BCA Card Centre Cabang Surabaya secara resmi mulai beroperasi pada
bulan April tahun 1992, dimana pendiriannya mengacu pada dasar hukum atas
kegiatan usaha institusi kartu kredit yang pada umumnya dikeluarkan oleh
bank-bank Indonesia.
Sedangkan dasar hukumnya diataur di dalam pasal 6 huruf “I”
Undang-Undang no.7 tahun 1992 tentang Perbankan yang berbunyi :
-Usaha Bank
meliputi melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali
amanat”.
Selain itu,
pendirian BCA Card Centre Cabang Suarabaya juga mengacu pada pokok-pokok Paket
Deregulasi Bidang Keuangan dan Perbankan tanggal 27 Oktober 1988 (PAKTO 27)
nomor II angka “1″ mengenai
kemudahan pembukaan kantor baik, dimana di dalamnya
dijelaskan pada huruf “C”, yaitu : “Untuk pembukaan kantor cabang dapat dilakukan cukup dengan
memberitahukan kepada Bank Indonesia”.
Adapun tugas
dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dapat di uraikan sebagai berikut :
- Branch Manager
a.
Bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.
b.
Bertanggung jawab kepada pimpinan pusat.
c. Mempunyai
wewenang tertinggi dalam pengambilan keputusan.
d.
Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang
ada dalam perusahaan.
- Sekretaris
a. Membantu
Branc Manager dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
b. Menangani
masalah-masalah kesekretariatan, seperti surat-menyurat, file, dan sebagainya.
- Marketing Unit Head
a.
Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit pemasaran.
b.
Mengkoordinasikan dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit
pemasaran agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
- Marketing Cardholder
Bertugas
untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card ke perusahaan-perusahaan agar mau
memiliki BCA Card.
- Marketing Merchant
Bertugas
untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card dengan mendatangi toko-toko atau
pedagang agar mau menerima pembayaran dengan menggunakan BCA Card.
- Marketing Support
Bagian dalam
yang bertanggung jawab untuk mengurusio administrasi.
·
Customer Service
Bertugas
untuk melayani pelanggan/konsumen yang datang langsung ke BCA Card Centre
ataupun yang melalui telepon.
- Credit
a.
Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian kredit.
b.
Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian kredit sesuai
dengan tujuan perusahaan.
- Analisa Kredit
Bertugas
menganalisa setiap permohonan/aplikasi yang masuk ke BCA Card Centre.
- Pengawasan Kredit
Bertugas
untuk mengecek tagihan yang masuk ke BCA Card Centre dan mengawasi kartu-kartu
kredit.
- Penagihan Kredit
Bertugas
untuk mengurusi pembayaran Cardholder dengan cara menelpon atau menagih secara
langsung.
- Risk dan Management Security
Bertugas
untuk membantu bagian pengawasan dan penagihan kredit (karena ketiga-tiganya
saling berkaitan).
- Operational Unit Head
a.
Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit operasional.
agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
b.
Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit
operasional agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
- Kasie Operasional
-Bertanggung
jawab kepada Operasional Unit Head.
-Mengawasi
tugas-tugas dari Staff Operational I dan Staff Operational II.
- Staff Operational I dan Staff Operational II
Bertugas
untuk mengoperasikan/memproses faktur-faktur yang masuk ke BCA Card Centre.
- Kolektor
Bertugas
untuk mengambil faktur di toko-toko atau pedagang yang menerima pembayaran
dengan BCA Card.
Membicarakan organisasi, BCA
Card Centrre menggunakan struktur organisasi lini dan staf. Seperti yang
sudah di jelaskan di atas tugas tugas dari masing masing bagian, kepemimpinan
terdapat pada branch maneger lalu di turunkan ke sekertaris yang kemudian di
turunkan ke marketing Unit Head sampai ke customer service; dan kredit sampai
ke risk and management security; serta oprasional Unit Head sampai ke kolektor.
Kesimpulan
Struktur organisasi berdasarkan
betuk/tipenya itu sangat banyak akan tetapi ada saja kelemahan dan keuntungan
daripada masing-masing organisasi. Disini saya membahas tentang
organisasi lini dan staf yang Merupakan kombinasi dari organisasi lini, asaz
komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para
staff, dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiranm saran-saran,
data informasi yang dibutuhkan.
Komentar
Posting Komentar